SOSIALISASI KEGIATAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SMA N 2SUKOHARJO

SOSIALISASI KEGIATAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SMA N 2SUKOHARJO

Guru sebagai agen perubahan, berperan penting untuk membawa tujuan kegiatan belajar mengajar lebih efektif, efisien, dan optimal. Kegiatan belajar mengajar bukan sekadar meningkatkan motivasi dan potensi peserta didik, tetapi membuat peserta didik berkarakter. Sumber daya manusia/peserta didik yang unggul merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Dimensi dalam Profil Pelajaran Pancasila, satu sama lain saling berkaitan dan menguatkan untuk mewujudkan Profil Pelajaran Pancasila, harus dilalukan secara bersamaan tidak parsial. Keenam dimensi tersebut adalah:

Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia.
Berkebhinekaan global.
Bergotong royong.
Mandiri.
Bernalar kritis.
Kreatif.
Keenam dimensi tersebut menunjukkan bahwa Profil Pelajar Pancasila tidak hanya fokus pada kompetensi kognitif, tetapi juga sikap dan perilaku sesuai identitas/jati diri sebagai bangsa Indonesia sekaligus warga global.